Judul Buku : Pertengkaran : Bumbu atau Racun Dalam Keluarga?
Penulis : Paul Gunadi
Penerbit : Metanoia Publishing
Tebal : 31 halaman

Judul yang menarik, paling tidak akan menggoda kita untuk mengintip sekilas isinya untuk mengetahui jawaban dari kalimat judul, apakah jawabannya bumbu atau racun. Buku ini berupa buklet, isinya hanya 31 halaman. Buklet ini berasal dari program radio TELAGA yang kemudian dibukukan dan diterbitkan.

Kehidupan kita tentu tidak lepas dari konflik. Pertanyaannya adalah apakah konflik berdampak positif atau negatif dalam hubungan kita. Kuncinya adalah pada penyelesaian konflik. Jika konflik dapat diselesaikan dengan baik, maka konflik akan menjadi bumbu dan membuat hubungan kita menjadi lebih mesra dan kuat. Karena penyelesaian konflik akan membuat kita semakin mengenal dan berusaha memahami pasangan kita. Tapi kalau konflik tidak diselesaikan dengan baik, maka akan menjadi racun yang merusak hubungan.

Poin kedua adalah tentang hal-hal yang berpotensi menimbulkan konflik dan tingkatan-tingkatan dalam konflik. Salah satu yang berpotensi menimbulkan konflik adalah perbedaan. Semakin besar perbedaan yang dimiliki akan semakin besar potensi konflik. Perbedaan dapat diatasi dengan penyesuaian diri, namun semakin besar perbedaan akan semakin sulit pula usaha penyesuain diri yang perlu dilakukan.

Poin ketiga adalah cara mengatasi konflik. Yang diperlukan dalam mengatasi konflik adalah sikap hati. Sikap hati yang takut akan Tuhan akan membuat kita tidak egois, mudah mengampuni, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak disukai Tuhan. Pada akhirnya benarlah bahwa takut akan Tuhan merupakan awal dari pengetahuan. Takut akan Tuhan adalah pondasi dari sebuah hubungan.

____

.. silakan tinggalkan pesan disini, jika anda ingin memperoleh buku ini, tim LilinKecil akan menghubungi anda ..