Judul Buku      : Gembala yang Baik
Penulis         : W. Phillip Keller
Penerbit        : Nafiri Gabriel
Terbitan        : 2001
Halaman         : 156
Ukuran          : 20,5 x 14 cm

Tahukah Anda bahwa domba juga memiliki arogansi dan wilayah kekuasaan? Tahukah Anda bahwa seekor domba tidak mau berbaring jika kebutuhannya tidak dipenuhi? Tahukah Anda bahwa seorang gembala harus selalu berpindah-pindah di dalam mencari padang rumput agar kualitas padang rumput yang ada tetap baik?

Buku ini merupakan eksposisi Mazmur 23 tentang “TUHAN, gembalaku yang baik”. Ini merupakan Mazmur yang sangat terkenal. Kata-katanya pun indah. Melalui buku ini, kita diajak untuk menyelami lebih dalam keindahan dari Mazmur 23 ini melalui sudut pandang seekor domba dan seorang gembala.

W. Phillip Keller lahir di Afrika Timur dan memiliki peternakan domba sendiri. Pengalamannya ini membuat dia mengenal dengan baik bagaimana seekor gembala mengurus dombanya dan dia pun sangat memahami tiap tingkah laku seekor domba. Hal inilah yang membuat dia sanggup mendalami Mazmur 23.

Tiap bab dalam buku ini merupakan Mazmur 23 yang dibagi-bagi dan kemudian dibahas secara mendalam. Ketika membaca buku ini, perlahan-lahan kita melihat bahwa ternyata tingkah laku domba sama seperti manusia. Sebagai contoh, domba seringkali mencari jalan sendiri saat sedang berjalan, berebut wilayah dengan domba lain, dan dia beristirahat kalau kebutuhannya sudah terpenuhi. Sungguh mirip dengan sikap manusia, bukan?

Buku ini diperuntukkan untuk siapa saja. Ketika kita ingin memahami kebaikan dan penyertaan Tuhan secara lebih lagi, ini adalah buku yang tepat. Selain dari Mazmur 23, penulis jugamengutip beberapa bagian Alkitab yang juga membahas tentang gembala untuk membantu di dalam memahami bab yang sedang dibahas.  Dengan bahasa yang sederhana dan penulisannya yang deskriptif, membuat kita seperti benar-benar seorang gembala dan seekor domba. Selain itu, buku ini juga memberikan wawasan yang luas mengenai beternak gembala yang belum diketahui oleh orang-orang awan.