“Buku ini indah sekali dalam memberikan gambaran mengenai bagaimana kehidupan komunitas Kristen yang seharusnya. Bukan kumpulan “orang suci” tanpa dosa, melainkan kumpulan “orang sakit” yang mau terus berbagi kehidupan yang sebenarnya jauh dari sempurna, hanya karena sudah menerima terlalu banyak dari Sang Pemberi Kehidupan”

Berawal dari rasa penasaran saya untuk membaca karya-karya Dietrich Bonhoeffer, seseorang yang hidupnya menurut saya amat menarik, saya pun membeli buku ini. Seorang hamba Tuhan dan pendeta gereja bawah tanah, seseorang yang melawan Hitler dan upayanya menguasai segalanya di Jerman (termasuk gereja sebagai institusi) di bawah Nazi, seseorang yang mati dieksekusi karena perlawanannya. Mungkin karya Bonhoeffer yang lebih terkenal adalah Cost of Discipleship, namun Life Together (Hidup Bersama) mengisahkan tentang sesuatu yang amat indah dan untuk saya lebih menarik, yaitu intisari dari apa yang Bonhoeffer nikmati dan rindukan dalam sebuah persekutuan Kristen yang sejati. Apa yang dituangkannya di buku ini beranjak dari pengalaman kehidupan bersekutu yang dinikmatinya di gereja-gereja bawah tanah selama masa perlawanan dan pelarian dirinya dari pemerintah Nazi yang kejam saat itu.

Buku ini cukup singkat, namun begitu padat akan nilai-nilai yang perlu dimiliki suatu komunitas Kristen yang ingin menjadi berkat bagi dunia. Suatu komunitas Kristen hanya akan hidup menjadi komunitas Kristen yang hakiki apabila setiap orang di dalamnya memutuskan untuk melepaskan egonya dan hidup sepenuhnya untuk saudara-saudaranya, demi Kristus, sehingga semuanya saling memperhatikan dan diperhatikan. Amat menegur diri sendiri yang memang pernah datang ke persekutuan ataupun gereja dengan ekspektasi tertentu dan harapan-harapan akan apa yang didapat, yang sayangnya tidak terpenuhi dan membuat diri merasa pahit terhadap komunitas Kristen. Dengan gamblang Bonhoeffer di sini memaparkan indahnya komunitas Kristen yang terus melayani, bersekutu, dan mengampuni dosa seorang akan yang lain.

Buku ini indah sekali dalam memberikan gambaran mengenai bagaimana kehidupan komunitas Kristen yang seharusnya. Bukan kumpulan “orang suci” tanpa dosa, melainkan kumpulan “orang sakit” yang mau terus berbagi kehidupan yang sebenarnya jauh dari sempurna, hanya karena sudah menerima terlalu banyak dari Sang Pemberi Kehidupan. Hidup Bersama dapat menjadi sebuah bacaan wajib bagi orang-orang yang ingin masuk atau terlibat aktif dalam persekutuan ataupun gereja untuk menanamkan bahwa suatu komunitas Kristen hanya akan hidup apabila segala ekspektasi dibuang dan kerendahan hati untuk melayani terus menerus dihidupi.

Penulis Review : Christan Reksa

Judul Buku : Hidup Bersama

Penulis : Dietrich Bonhoeffer

Ukuran : 12 cm x 18 cm

Tebal : 188 halaman

SPESIAL DISKON TAMBAHAN 10% UNTUK PELANGGAN NEWSLETTER, MASUKKAN KODE VOUCHER DIBAWAH INI PADA SAAT KONFIRMASI PEMBAYARAN

Harga : Rp44.000 menjadi Rp.39.600

Gunakan Kode Kupon : HIDUPBERSAMA

Persediaan Buku Terbatas