Judul Buku : Perjalanan Musafir
Penulis : John Bunyan
Kategori : Fiksi

Buku yang di tulis John Bunyan sewaktu John Bunyan dalam penjara ini benar-benar mencerminkan kehidupan Kekristenan kita sejak lahir baru sampai akhir hidup.

Meneceritakan seorang pria bernama Kristen yang tinggal di negeri Kebinasaan sedang mencari keselamatan, karena Kristen mendengar kabar bahwa negeri yang dia tinggali akan binasa. Lalu Kristen bertemu penginjil untuk menanyakan pertanyaan tentang kekhawatirannya, dan penginjil memberitahukan jalan keselamatan melewati pintu yang sempit di ujung sana.

Dengan penuh iman, Kristen pergi meninggalkan semua yang dia punya demi untuk tinggal di negeri yang menjanjikan. Meskipun tidak ada dukungan dari keluarga, dan orang sekitarnya,  yang ada adalah ejekan yang menganggap bahwa Kristen gila, hanya percaya dongeng, khayalan, Kristen tetap pergi untuk mencapai negeri yang menjanjikan keselamatan.

Buku ini disajikan dalam bentuk komik, dengan alur cerita yang disajikan sangat seru dan menegangkan. Kisah perjalanan setelah Kristen pergi dari negeri kebinasaan untuk mencapai keselamatan, diceritakan secara detail dan membuat kita belajar, contohnya : saat Kristen yang sedang ada dalam persimpangan jalan menuju pintu yang sempit, Kristen bertemu dengan Bijak duniawi yang memberi nasehat kepada Kristen , memberitahukan kepadanya bahwa jalan yang dilalui adalah jalan yang sukar dan berbahaya di dunia,

Bijak duniawi berkata “saya lihat tadi anda terjerumus ke dalam rawa patah semangat. itu barulah awal dari sekian banyak kesukaran yang sangat berbahaya disepanjang jalan ini. Penyakit, kemelaratan, kelaparan, kehinaan, bahkan kematiaan.. saya heran bagaimana orang sepintar anda mau mendengar penginjil itu

Bijak duniawi memberikan saran kepada Kristen untuk pergi kepada budak hukum yang ahli mengatasi beban, yang justru malah membuat Kristen menyimpang dari jalan sebenarnya. Beruntung Kristen bertemu penginjil ditengah perjalanan, dan memberi nasehat untuk hanya mendengarkan apa yang dikatakan Allah / Firman Tuhan . Pada akhirnya Kristen kembali ke jalan yang seharusnya dia tempuh untuk menuju pintu yang sempit.

Nama-nama tokoh dan tempat dalam buku ini, diambil dari kehidupan sehari-hari yang mencerminkan permasalahan kita, sehingga dengan kita membacanya akan membuat kita semakin mengerti akan kebenaran yang disampaikan.

John Bunyan memaparkan setiap kejadian yang berhubungan dengan permasalahan kehidupan kekristenan, dan lewat bacaan ini kita semakin mengerti beberapa hal tentang Kekristenan yang sebenarnya, seperti kenapa harus dengan melewati pintu yang sempit  (untuk menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat)

Buku yang berjudl asli “PILGRIM PROGRESS” ini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Buku ini sangat dan menarik untuk dibaca oleh rekan-rekan.