[Resensi] Crazy Love – menjadikan KeKristenan-mu yang tidak biasa

Berapa banyak dari kita, orang Kristen (pengikut Kristus) yang hanya menjalani kekristenan secara biasa-biasa saja, tanpa gairah yang mendalam terhadap Kristus, yang kita ikuti? Buku ini mengulas dan mengupas hal-hal yang dianggap biasa dalam kehidupan kekristenan dan mengajak kita berpikir bagaimana seharusnya kita hidup sebagai insan yang dicipta dan dikasihi Allah sehingga hidup kita menjadi hidup yang lebih berarti, penuh tujuan dan membawa kemuliaan bagi namaNya.

Bab pertama dibuka dengan suatu judul yang cukup kontroversial : Berhentilah berdoa! Mengapa? Di dunia yang makin mengandalkan teknologi seringkali doa hanya menjadi suatu “kegiatan” rohani tanpa makna yang dilakukan orang Kristen. Doa atau aktivitas rohani lainnya dilakukan sesuai kebiasaan, tanpa kita menyelami makna sebenarnya, yakni menghadap Allah yang kita kenal, yang harus dikagumi dan ditakuti atas kebesaranNya. Kebesaran Tuhan yang diceritakan melalui alam ciptaanNya seharusnya membawa kita pada suatu pemahaman : betapa kecilnya kita dibandingkan Tuhan yang Maha besar, Maha Tahu, Maha Megah. Kebesaran Tuhan seharusnya menimbulkan hasrat dalam diri kita untuk menyembah dan menyadari betapa kecil dan rapuhnya kita.

Bab kedua, kita kembali diingatkan hal yang esensial dalam kehidupan ini. Seringkali manusia hidup untuk dirinya sendiri. Kita lupa bahwa keseluruhan hidup ini adalah tentang Dia. Tuhan adalah pemain utama dalam setiap peristiwa yang kita alami. Kita diibaratkan hanya pemain figuran yang “diijinkan” muncul beberapa detik dalam sebuah adegan yang sangat singkat. Tapi yang seringkali terjadi adalah kita begitu khawatir dan stress menjalani kehidupan ini, sampai kita melupakan bahwa segala sesuatunya adalah tentang Tuhan. Hal yang baik maupun buruk yang kita alami boleh terjadi semata-mata untuk membawa kemuliaan bagi namaNya, Sang Tokoh Utama, kita seharusnya sangat bersyukur untuk bisa menjadi bagian kecil dari hal yang Karya yang Maha Besar ini.

Bab ketiga menjelaskan bagaimana Pribadi yang begitu besar, begitu agung, Sang Pemain Utama, mau berelasi dengan kita, manusia. Dalam Yeremia 1:4-5, dijelaskan bahwa Tuhan mengetahui kita jauh sebelum kita dibentuk dalam rahim ibu. Hal ini menegaskan, bahwa kita ada dalam rencanaNya bahkan jauh sebelum kita hadir dalam dunia ini. Allah merencanakan kita bukan saja untuk hidup dalam dunia ini, tapi dengan sebuah misi : Melakukan pekerjaan baik yang telah disiapkan Allah dalam rencanaNya juga. Ironisnya adalah : walaupun Tuhan tidak membutuhkan kita, tapi Dia begitu menginginkan kita; di sisi lain kita-manusia- yang jelas-jelas sangat bergantung pada Tuhan, tapi kita tidak bersungguh-sungguh menginginkan Tuhan.

Enam bab berikutnya banyak membahas masalah karakter dan gejala-gejala orang yang masih belum bersungguh-sungguh di dalam Tuhan dan tips serta saran supaya kita makin memiliki gairah untuk merespon kasih Tuhan yang sudah begitu limpahnya diberikan baik melalui keselamatan, mapun berkat-berkat umum dalam keseharian kita. Kasih Allah yang demikian agung, tetap setia meskipun manusia seringkali ingkar terhadap kesetiaanNya seharusnya membuat kita semakin menggebu-gebu mencintai Tuhan, memberikan yang terbaik dan hidup dalam semaksimal-nya kita supaya ujung-ujungnya nama Tuhan ditinggikan, Ia dipuaskan, dan kita pun mengalami sukacita yang tidak bisa ditukar atau digantikan oleh apapun yang terindah di dunia ini.

Francis Khan adalah penulis buku laris berjudul Forgotten God dan pembicara untuk modul diskusi BASIC Series. Ia juga menulis buku anak-anak berjudul Halfway Herbert, The Big Tractor and the Little Village. Francis melayani sebagai gembala dan pendiri gereja Cornerstone Church diSimi Valley,California; dan juga sebagai pendiri Eternity Bible Collage. Saat ini tergabung dalam direksi dari organisasi Children Hunger Fund dan World Impact.

Ketika kita mulai berfokus pada Kristus,maka mengasihi Dia dan orang lain menjadi lebih alami. Sepanjang kita mengejar Dia,kita akan puas di dlm Dia. Justru pada saat kita berhenti mengasihi Dia, kita menemukan bahwa kita menjadi gelisah dan cenderung mencari hal-hal lain untuk mencari kepuasan.

____________

buku dapat dibeli melalui  www.lilinkecil.com merupakan bagian dari  Program Join & Get Free Book #CrazyLove | Francis Chan yang disponsori oleh  Benaiah Books

« »

© 2018 LilinKecil.Com. Theme by Anders Norén.