Dear LK’ers pernahkah kita bertanya melihat lebih dalam mengenai pengajaran dan kehidupan dari Martin Luther. Seperti kita ketahui pengajarannya di awal lahirnya Kristen Protestan telah menginspirasi bagi banyak orang dan tentunya merubah kehidupan gereja. Pengajarannya mengundang lahirnya pembaharuan bagi gereja.

LilinKecil.com memberikan diskon 40% bagi rekan-rekan yang tertarik untuk mendapatkan gambaran yang hidup tentang kehidupan dan pengajaran dari Martin Luther. Segera manfaatkan kesempatan ini sampai dengan 30 April 2012. Sedikit biografi mengenai kehidupan Martin Luther yang diterjemahkan dari BBC 

Luther adalah seorang teolog Jerman yang tulisan-tulisannya menginspirasi Reformasi Protestan.

Martin Luther lahir pada 10 November 1483 di Eisleben. Ayahnya adalah seorang penambang tembaga. Luther belajar di Universitas Erfurt dan pada tahun 1505 memutuskan untuk bergabung dengan ordo monastik, menjadi biarawan Agustinian. Ia ditahbiskan tahun 1507, mulai mengajar di Universitas Wittenberg dan tahun 1512 dibuat dokter Teologi. Tahun 1510 ia mengunjungi Roma atas nama sejumlah biara Augustinian, dan terkejut oleh korupsi yang ditemukan di sana.

Luther menjadi semakin marah para ulama menjual ‘indulgensi’ – yang dijanjikan pengampunan dari hukuman dosa, baik untuk seseorang masih hidup atau untuk orang yang telah meninggal dan diyakini berada di api penyucian. Pada tanggal 31 Oktober 1517, ia menerbitkan ’95 dalilnya ‘, menyerang pelanggaran kepausan dan penjualan indulgensi.

Luther percaya bahwa orang Kristen diselamatkan oleh iman dan bukan melalui usaha mereka sendiri. Ini berbalik dia terhadap banyak ajaran utama dari Gereja Katolik. Pada 1519 -1520, ia menulis serangkaian pamflet mengembangkan ide-idenya –  ‘On Christian Liberty’, ‘On the Freedom of a Christian Man’, ‘To the Christian Nobility’ dan ‘On the Babylonian Captivity of the Church’. dan tulisan-tulisan yang lain menyebar dengan cepat melalui Eropa.

Pada bulan Januari 1521, Paus Leo X menjatuhkan ekskomunikasi kepada Luther. Ia kemudian dipanggil untuk hadir di Diet Worms, dewan dari Kekaisaran Romawi Suci. Dia menolak untuk mengakui kesalahan dan Kaisar Charles V menyatakan dia seorang penjahat dan penyesat. Luther bersembunyi di Wartburg Castle. Pada 1522, ia kembali ke Wittenberg dan pada tahun 1525 menikah Katharina von Bora, seorang mantan biarawati, dengan siapa ia memiliki enam anak.

Pada tahun 1534, Luther menerbitkan sebuah terjemahan lengkap dari Alkitab ke dalam bahasa Jerman, menggarisbawahi keyakinannya bahwa orang harus dapat membacanya dalam bahasa mereka sendiri. Terjemahan kontribusi signifikan terhadap penyebaran dan pengembangan bahasa Jerman.

Pengaruh Luther tersebar di utara dan timur Eropa dan ketenarannya membuat Wittenberg pusat intelektual. Pada tahun-tahun terakhirnya ia menulis polemik terhadap orang Yahudi, kepausan dan Anabaptis, sayap radikal dari gerakan reformasi.

Luther meninggal pada 18 Februari 1546 di Eisleben.