Saya bersyukur, selama beberapa hari ini Roh Kudus melawat hati saya, membuat saya kembali bertobat dari dosa-dosa saya. Pada saat yang bersamaan lawatan Roh, membuat saya peka ketika mendengar pergumulan saudara-saudara se-iman.

Saya dibukakan oleh Roh Kudus betapa “bitterness”, “akar pahit” dan “kekecewaan” seringkali membuat hati manusia mengalami Sirosis (pengerasan hati) rohani, atau bahkan mengalami penyakit Kusta (kehilangan saraf-saraf rasa sakit) Rohani. Hal-hal kekecewaan dalam hidup membuat kita takut untuk sembuh, dan membiarkan borok “sakit hati” itu menggerogoti kerohanian, seperti penyakit kanker yang menyebar namun tanpa menimbulkan tanda-tanda pada tubuh kita.

Celakanya penyakit Sirosis Rohani ataupun Kusta Rohani dialami oleh setiap manusia (karena dosa). Tanpa sadar kita memiliki begitu banyak kedukaan, kekecewaan dan kepahitan dalam kehidupan kita yang kita tutupi atas nama “kerohanian”, atas nama “pelayanan”, atas nama “tidak ingin disakiti lagi”. Dan semakin kita menyimpan kita tidak pernah menjadi lebih kuat… karena tidak ada kekuatan ataupun pemulihan diluar Dia.

Banyak orang  tidak pernah sadar bahwa kita-lah si penderita Sirosis Rohani itu ataupun Kusta Rohani tersebut, sehingga tidak pernah ada pemulihan dari dalam diri kita. Sadarilah setiap dari kita memiliki penyakit itu! Dosa telah mengelabui kita membuat kita seakan-akan sudah bebas!

Dengan kondisi Sirosis Rohani ataupun Kusta Rohani yang parah, TUHAN ingin kita datang kepadaNya, seperti sepuluh orang Kusta yang datang kepadaNya minta dikasihi. (Ketika Ia memasuki suatu desa datanglah sepuluh orang kusta menemui Dia. Mereka tinggal berdiri agak jauh dan berteriak: “Yesus, Guru, kasihanilah kami!”  Luke 17:12-13 ITB) atau seperti seorang Buta yang percaya dan minta dikasihani untuk disembuhkan.

Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata: “Kasihanilah kami, hai Anak Daud.” Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: “Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?” Mereka menjawab: “Ya Tuhan, kami percaya.”
Matthew 9:27-28 ITB

Demikian juga TUHAN ingin kita datang ke-hadiratNya, untuk meminta pemulihan yang dari padaNya. Meminta agar hati kita yang sudah keras (Sirosis Rohani) dihancurkan dan digemburkan! karena tanpa hati yang hancur, tidak akan ada pertobatan, dan tanpa pertobatan tidak akan ada pertumbuhan dan tanpa pertumbuhan tidak akan ada buah Rohani yang muncul. Tanpa semua itu, kita hanya memakai “TOPENG ROHANI” yang membuat se-akan-akan kita adalah orang yang SEHAT tetapi pada dasarnya kita adalah orang yang sekarat yang butuh PEMULIHAN yang dari padaNYA.

Tanpa pemulihan dihadiratNya, kita tidak lebih dari si penderita penyakit Kusta Rohani, yang sensitivitas perasaan/hati kita terhadap saudara-saudara sekitar kita bahkan TUHAN menjadi lumpuh dan bahkan mati. Bayangkan seorang manusia yang kehilangan saraf rohani-nya, kita tidak akan peka terhadap TUHAN, kita tidak akan peka terhadap perasaan orang lain. Kita bisa seolah-olah peka ketika melihat orang mengalami TUHAN, tetapi kita sendiri sulit untuk menerima kasih TUHAN, karena hati kita sudah tidak peka, sudah mati.  Kita akan menyalahkan dunia dengan keadaan kita, tetapi sesungguhnya hati kitalah yang sudah sedemikian dingin dan kaku!

Saudaraku, Terhadap hal ini juga, kita butuh untuk berseru keras kepada TUHAN. Ketika saya berkata KITA, yang saya maksudkan adalah engkau dan saya! untuk datang berdoa, berpuasa dan berseru-seru meminta pemulihan TUHAN! “Oh TUHAN! Kasihanilah kami anak DAUD!”

Pemulihan tidak pernah datang terlambat, namun pemulihan tidak pernah datang tanpa inisiatif dari si sakit. TUHAN sangat ingin memberikan pemulihan itu! Namun berbeda seperti pemilihan dan anugerah keselamatan yang diberikan olehNya tanpa campur tangan manusia, Pemulihan menuntut manusia untuk datang ke-hadiratnya dengan hati yang hancur seperti seorang anak yang datang kepada orang tuanya, seperti seorang perempuan yang sudah dua belas tahun menderita pendarahan dan yang tidak berhasil disembuhkan oleh siapapun.  (Luke 8:43 ITB). Pemulihan menuntut kesadaran manusia  (yang sudah dibangkitkan oleh Kristus melalui kematianNya di Kayu Salib) untuk datang kepada TUHAN berseru meminta TUHAN mengadakan perdamaian di hati. Pemulihan adalah seperti air yang mengalir di tanah yang tandus, pemulihan adalah seperti sebuah teh hangat di tengah dinginnya musim salju, pemulihan adalah seperti ketika hati-mu memancar air hidup yang melimpah-limpah, pemulihan adalah DAMAI SEJAHTERA dalam hati dan pikiran yang melampui segala akal (Philippians 4:7 ITB).

Pemulihan berarti pengampunan terhadap masa lalu, pemulihan berarti penerimaan akan masa lalu, pemulihan berarti tercurahnya kasih TUHAN yang mentahirkan si kusta Rohani, pemulihan berarti hati yang meluap-luap yang peka yang kasihnya mengalir keluar dari hatinya dan menjadikan dirinya berkat bagi orang lain seperti TUHAN memberkati kehidupan manusia. Pemulihan berarti hilangnya garis “egoisme”, hidup untuk diri sendiri, menjadi hidup yang penuh berkat, Pemulihan berarti hidup kita bukanlah untuk kita lagi tetapi untuk Kristus yang hidup dalam kita.

Saya tahu, bahwa pemulihan bukanlah perkara yang mudah, berapa lama kita disakiti, berapa lama pula kita memendam hati yang sakit itu. Saya tekankan sekali lagi tidak ada pemulihan yang mudah dan instan. Tetapi saya ingatkan, bahwa jawaban dari pemulihan itu akan datang dari TUHAN. Dan pemulihan dari TUHAN tidak pernah main-main! TUHAN tahirkan si kusta, TUHAN bukakan mata si buta, TUHAN tutup pendarahan si wanita tersebut! Mereka menyebutnya sebagai Mujizat! dan Mukjizat TUHAN tidak pernah berubah, Mujizat bisa terjadi dalam kehidupan kita, manakala kita dengan rendah hati mau berseru! TUHAN, kasihanilah saya!

Untuk kita yang ingin mengalami pemulihan, saya ingin membagikan sebuah lagu yang memberikan kekuatan untuk kita yang mencari pemulihan di dalam TUHAN, semoga menjadi berkat

Be Strong And Take Courage
By Don Moen

Be strong and take courage
Do not fear or be dismayed
For the Lord will go before you
And His light will show the way

Be strong and take courage
Do not fear or be dismayed
For the one who lives within you
Will be strong in you today

Why don’ you give him all of your fears
Why don’t you let him wipe all of your tears
He knows, He’s been through pain before
And He knows all that you’ve been looking for

So, be strong and take courage
Do not fear or be dismayed
For the Lord will go before you
And His light will show the way

Be Strong and take courage
Do not fear or be dismayed
For the one who lives within you
Will be strong in you today

Nothing can take you out of his hand
Nothing can face you can’t command
I know that you will always be
In His love, in His power you will be free!!

So, be strong and take courage
Do not fear or be dismayed
For the Lord will go before you
And His light will show the way

Be Strong and take courage
Do not fear or be dismayed
For the one who lives within you
Will be strong in you today

 

source : www.soegianto.net